Kesehatan Kulit

Rawatlah Wajahmu Setiap Hari, Karena itu adalah Aset Utama Dirimu!

Wajah-adalah-aset-utamamu
Picture by m.tribunnews.com

Sobat Sehat, Apa saja yang sudah kamu lakukan untuk merawat wajahmu? Sudahkah kamu mencucinya setiap hari? Sudahkah kamu memberikan nutrisi untuknya setiap hari? Lalu, sudahkah kamu melakukan facial untuk membuat wajahmu terlihat bersih?

Wajah adalah bagian tubuh terpenting yang harus selalu dijaga dan dirawat. Terkadang, orang malas untuk melakukan perawatan wajah. Katanya ribet, nggak ada waktu, apalagi ditambah dengan kesibukan sehari-hari.

Sebenarnya, merawat wajah sangatlah mudah dilakukan. Cara termudah merawatnya yaitu dengan mencucinya setiap hari dan menggunakan produk-produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulitmu. Sehingga kulit wajah akan terbebas dari komedo, jerawat, flek hitam, dan juga kusam.

Berikut beberapa alasan kenapa kita perlu merawat wajah:

  1. Agar wajah terjaga kebersihannya.
  2. Agar wajah terlindung dari efek buruk UVA dan UVB dari sina matahari, radikal bebas, dan polusi.
  3. Terhindar dari penyakit kulit.
  4. Terhindar dari penuaan dini.

Itulah mengapa perawatan wajah wajib dilakukan oleh wanita maupun pria. Karena ketahuilah, aktivitas kita di luar rumah sangat membahayakan kulit kita, terutama yang sering terkena paparan sinar UV setiap hari.

Sinar Ultra Violet atau sinar UV adalah sinar matahari yang mencapai bumi. Memang, sinar UV bisa memberikan keuntungan vitamin D dalam kulit, yaitu menjaga kekebalan tubuh dan membantu pertumbuhan tulang. Namun, ini hanya disarankan dilakukan di pagi hari dan tidak lebih dari 30 menit. Selebihnya, jika kita banyak terpapar sinar UV maka akan sangat membahayakan bagi kulit kita. Sinar UVA bisa memicu masalah-masalah penuaan, sementara sinar UVB bisa menyebabkan sunburn. Pastinya, dampak negative dari sinar UV tidak ingin kamu alami bukan?

Selain dua hal di atas, ada beberapa bahaya lain yang ditimbulkan oleh sinar UV, yaitu:

  • Kulit terlihat lebih tua dari umur asli

Hal ini disebabkan karena sinar UV merusak serat kolagen dan elastin pada kulit, sehingga menyebabkan kulit tampak keriput, kendur, dan membuat pori-pori membesar

  • Sunburn

Sunburn adalah keadaan kulit yang berwarna merah dan terasa perih seperti terbakar. Sunburn ditandai dengan kulit kering, kemerahan, terasa nyeri, dan sangat sensitive.

  • Kulit menjadi lebih gelap

Terpapar sinar UV terlalu sering dapat membuat sel-sel kulit melepaskan pigmennya. Sebenarnya hal ini bagus untuk perlindungan tambahan, tapi jika terjadi terus-menerus akan membuat kulit menjadi lebih gelap.

  • Memicu kehilangan elastisitas

Hal ini karena paparan sinar UV bisa menembus bagian dermis kulit dan merusak sel-sel yang berada pada dermis, sehingga elastisitas menjadi berkurang.

  • Kanker kulit

Dampak paling buruk dari sinar UV yakni bisa merusak materi genetic pada sel-sel kulit. Lama kelamaan bisa menggangu pertumbuhan sel kulit sehingga menjadi tidak terkontrol, hal ini dapat memicu kanker kulit.

Salah satu jenis perawatan wajah yang dapat membantumu dari paparan sinar UV adalah dengan menggunakan sun protection sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Berikut beberapa step cara merawat wajah di rumah:

  1. Sebelum menyentuh wajahmu, biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan air bersih, agar wajah terhindar dari kuman dan bakteri.
  2. Bersihkan wajah dengan air mengalir, lalu pijatlah wajah dengan lembut agar membantu memperlacar peredaran darah.
  3. Biasakan untuk membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan kulitmu setiap pagi dan malam atau setiap kali keluar rumah.
  4. Biasakan untuk memakai pelembab/moisturizer dan sun protection setiap hari atau setiap kali ingin melakukan aktifitas di luar rumah, hal ini agar kulit wajah tetap lembab dan sehat serta terhindar dari sinar UV yang dapat menyebabkan flek hitam.
  5. Biasakanlah menggunakan masker wajah minimal 2 kali dalam 1 minggu, agar kotoran yang menempel di wajah terangkat, sehingga kulit menjadi bersih dan segar. Usahakan menggunakan masker wajah yang alami.
  6. Jagalah kesehatanmu dari dalam dengan memperbanyak mengonsumsi air putih, minimal 8 gelas per-hari agar kulit wajah terlihat cerah dan segar serta mengonsumsi makanan sehat dan mengatur pola tidur
  7. Minumlah vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
  8. Berolahragalah yang teratur agar kulit tetap kencang dan tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit.

Semoga informasi di atas bermanfaat yaa Sobat Sehat. Yuk, lindungi dan rawatlah kulit wajahmu!

14 tanggapan untuk “Rawatlah Wajahmu Setiap Hari, Karena itu adalah Aset Utama Dirimu!

  1. tertohok euy sama postingan ini. langsung inget2 kapan terakhir bersihin muka, kapan terakhir maskeran, apalagi facial, mungkin udah seabad lalu. tiap hari cuma pakai sabun muka aja. astaghfirullah.

    Suka

Tinggalkan komentar